Me :D

Foto saya
Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia
Nama saya Rachmatina Noer Alamina,Panggil aja Rachma. Saya tinggal di Wonosobo. Tepatnya di Jawa Tengah,Indonesia. Hobiku Menulis,Menggambar,Menyanyi dll.Pinginya sihh jadi pengarang,tapi kagak kesampean.. ahayyy.... :pp Suka Banget sama yg namanya Pebece & Kakapeka .... sampai poenya koleksi bnyak bangett dahh... Thx dh mau mengunjungi blog saya..:)

30 Maret 2011

Seluk Beluk Uang

Perkembangan Uang
Dari masa ke masa, uang mengalami proses perkembangan yang panjang seiring dengan perkembangan akal budi manusia. Uang dikenal sekarang ini melalui proses panjang yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh nenek moyang kita dahulu.  


1. Tahap Sebelum Barter
Pada  tahap ini masyarakat belum mengenal barter karena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannya dengan usaha sendiri. Apa yang diperolehnya itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Tahap Barter 
Pada tahap ini manusia dihadapkan pada kenyataan bahwa apa yang mereka produksi sendiri tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Akhirnya, mereka mencari orang yang mau menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang lain yang dibutuhkannya untuk memperoleh barang-barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri. Inilah yang disebut sebagai Barter , yaitu menukar suatu barang dengan barang lain. Namun, saat melakukan kegiatan barter, mereka sulit menemukan orang yang mempunyai barang yang diinginkan sekligus mau menukarkan barang yang dimilikinya. Mereka juga sulit memperoleh barang yang dapat dipertukarkan satu sama lainnya dengan nilai pertukaran yang seimbang/ hampir sama nilainya. Dari sini, mulailah muncul ide untuk menggunakan benda-benda tertentu sebagai alat tukar.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lebel